Minggu, 12 Oktober 2008

Teknik Analisis manajemen

Beragam cara, metode , pendekatan atau strategi dalam melakukan analisis manajemen yang dilakukan dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Cara atau strategi manajemen tersebut menurut Sianifar dan Endang ( 2003 : 16-21) dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori, sebagai berikut :
1. Analisis Manajemen secara parsial versus analisis manajamen secara komprehensif.
Analisis manajemen secara parsial adalah analisis manajemen dari aspek tertentu, misalnya dalam melakukan upaya peningkatan produktivitas dilakukan :
- Analisis perilaku indipidu.
- Analisis perilaku indipidu dalam kelompok.
- Analisis sistim teknologi.
- Analisis pengambilan keputusan
- Analisis statistika dan matematis.
- Analisis situasional.
Analisis manajemen secara komprehensif adalah analisis terhadap seluruh aspek yang mempengaruhi keberhasilan organisasi meraih masa depan yang lebih baik atau misi yang akan dijalankan. Untuk dapat menjabarkan misi ke dalam tujuan yang rasional hendaknya berdasarkan fakta kemampuan riil organisasi yaitu strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan) serta opportunities (kesempatan) atau peluang dan threats (ancaman). Informasi mengenai kemampuan organisasi itu ddiperoleh melalui analisis keadaan lingkungan internal dan eksternal.
2. Analisis manajemen secara konvensional versus analisis manajemen ilmiah.
John Robert Breishline, mengelompokkan pengambilan keputusan berdasarkan pendekatan analisis manajemen konvensional dan analisis manajemen ilmiah. Pendekatan analisis manajemen konvensional atau tradisional adalah berdasarkan kebiasaan atau pengalaman masa lalu atau intuisi yang dilandasi naluri, ilham. Hasil survei membuktikan hampir sepertiga manajemen dan pegawai mengambil keputusan secara intuitif atau suara hati Robin Stephen P & P Culter (1999), dalam Sianipar & Entang (2003 : 17). Analisis manajemen Ilmiah mengandalkan fakta dan data yang dianalisis secara stattistika, matematis dan prinsip-prinsip ekonomis.
3. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif.
Analisis dengan pendekatan kuantitatif adalah suatu cara analisis berdasarkan fakta dan data yang aktual. Hasil analisis kuantitatif lebih akurat, memerlukan sejumlah alat analisis statistik dan matamatis tetapi banyak pegawai yang kurang akrap dengan analisis terapan statistika, matematis. Pendekatan analisis kualitatif dilakukan kalau fakta-fakta yang teridentifikasi tidak didukung dengan data-data yang akurat dan lengkap. Untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih akurat analisis kualitatif dapat dikuantfikasi berdasarkan skala nilai.Akhir dari suatu analisis adalah penyajian beberapa alternatif dan pengambilan keputusan atau pemilihan alternatif terbaik atau paling menguntungkan dan resiko yang paling kecil. Dengan analisis manjemen ilmiah yang komprehensif yang didukung dengan alat-alat analisis yang tepat, keputusan yang diambil menjadi lebih signifikan, ketidakpastian dan tingkat kegagalan semakin kecil.

Tidak ada komentar: